Kuliner

Makan Siang Ala Drama Korea

Boleh dibilang dalam setiap drama Korea hampir selalu menyajikan sebuah romantisme tingkat tinggi yang rasanya sulit untuk menemukan hal seperti itu dalam dunia nyata ini. Bagaimana seorang pria dengan begitu sempurna mencintai kekasihnya, melindungi dengan segenap jiwa dan raga dari awal sampai akhir, tatapan mata penuh cinta, perhatian, kata-kata puitis, dan… aaahh… stop! Saya sudah mulai melayang. #plak!

Namun, betapapun tidak masuk akalnya, sang sutradara berhasil mengemasnya menjadi sajian yang menarik, sehingga kita sebagai penoton sering terbawa suasana dan membayangkan apabila kita menjadi salah satu tokoh utama dalam drama tersebut. Haha…

Hal menarik lainnya yang bisa ditemukan dalam drama Korea adalah ketika adegan makan. Masih ingat, adegan dalam drama Boys Before Flowers di mana Gu Jun Pyo (Lee Min Ho) makan ramyeon langsung dari panci dengan menggunakan tutup pancinya sebagai piring? Deuuuh… lapar atau doyan? Untung cakep. 😀

Lee Min Ho

Ada juga adegan dalam drama Full House, ketika Han Ji Eun (Song Hye Kyo) marah karena Young Jae (Rain) batal mengajaknya makan, dan akhirnya dia makan bibimbap sendirian. Dan juga adegan ketika Cha Dae Woong (Lee Seung Gi) menyiapkan Gimbap buat bekal dia jalan-jalan ke kebun binatang bersama Gumiho (Shim Min Ah) dalam drama My Girlfriend is Gumiho. Oke, cukup, saya sudah mulai ngiler.

Untungnya, untuk urusan kuliner ini tak perlu sekadar berkhayal sebagaimana membayangkan menjadi tokoh wanita dalam drama Korea. Pada weekend beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan untuk mencicipi kuliner khas Korea ini bersama teman-teman. Tak perlu terbang langsung ke Korea, sebab sekarang restoran Korea sudah tersebar di mana-mana.

Sebelumnya saya sempat browsing dulu untuk menentukan menu apa yang nanti akan dibeli. Karena ini makanan asing, maka harus dipastikan dulu terbuat dari bahan-bahan yang halal. Hehe… selain itu, agar tidak kelihatan ndeso banget di restorannya nanti. Bwahahaha 😀

Dan, inilah pilihan kami! ^^

Kimchi

Kimchi

Di drama Korea Boys Before Flowers ada, tuh, adegan di mana keluarga Geum Jan Di (Goo.Hye Sun) bergotong-royong membuat kimchi. Kimchi ini terbuat dari sayuran seperti kubis, sawi, lobak putih, atau ketimun yang difermentasi bersama jahe, bawang putih, bawang bombai, dan gouchang, saus cabai khas Korea yang bikinnya pakai minyak wijen, kecap, garam, bawang putih, dan jahe.

Kimchi ini pilihan teman saya. Untung saja saya nggak jadi beli ini, sebab ternyata rasanya luarrrr… biasa. Asem banget plus pedas. Bisa tahu rasanya sebab kimchi itu juga jadi campuran dalam ramyeon yang saya pesan. Intinya, cita rasa kimchi ini kurang cocok di lidah saya sebagai orang Jawa yang terbiasa makan yang manis-manis. 😀

Ramyeon

Ramyeon

Ini sebenarnya cuma mi instan biasa. Kalau di Jepang ada ramen, di Korea ramyeon. Haha… miriplah. Ramyeon dimasak dengan kuah pedas, biasanya ditambah sayuran, daging, atau kimchi. Saya pesan ramyeon karena terinspirasi oleh Gu Jun Pyo, sih, sebenarnya. :p Dan walaupun nggak makan pakai tutup pancinya sebagaimana di dalam drama, tapi membayangkan jadi Geum Jan Di yang makan ramyeon bareng Jun Pyo sudah cukup membuat saya melupakan rasa pedas makanan tersebut. 😀

Tteokbokki

Tteokbokki

Tteokbokki ini adalah salah satu makanan ringan Korea yang cukup terkenal. Tteok artinya tepung beras, maka Tteokbokki adalah semacam kue dari tepung beras berbentuk silinder atau batang yang dimasak dengan bumbu pedas dan manis.

Sekilas, tteokbokki ini mengingatkan saya pada makanan ringan Indonesia, yaitu cilok. ^_^v

Gimbap

Kimbap

Nah, yang ini favorit saya. Setelah berbagai menu dengan cita rasa pedas, gimbap ini yang paling cocok untuk lidah saya yang sudah musuhan sama cabai sejak dulu. Gimbap adalah nasi gulung rumput laut. Isinya bervariasi, dari sayuran, telur, ikan, daging, sosis, keju, ikan tuna, dan lain-lain.

Bibimbap

Bibimbap

Bibimbap adalah nasi yang dicampur dengan sayuran, telur, daging sapi, dan gochujang. Cara makannya biasanya seluruh bahan-bahan tadi diaduk dulu sebelum disantap. Saya belum sempat mencicipi menu ini, sebab sudah kenyang. Mungkin kapan-kapan perlu dicoba. Hehehe….

Patbingsu

Patbingsu

Makanan penutupnya, patbingsu! Katanya, ini dessert yang sangat digemari di Korea, terutama pada hari-hari musim panas. Patbingsu ini adalah es serut kacang merah manis, yang memiliki variasi tambahan berupa es krim dan yogurt dingin, susu kental manis, sirop, buah-buahan seperti stroberi dan pisang, agar-agar, remah-remah sereal, dan sebagainya. Rasanya… maknyus!

Hari itu, kesampaian juga kami makan siang ala drama Korea. My tummy full of Korean food! Jinja masitta!!! ^^

narsis

2 thoughts on “Makan Siang Ala Drama Korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *