Kuliner

Songgo Buwono: Tampang Bule, Nama Jawa

Barangkali sebagian orang masih asing dengan jenis makanan ini. Bentuknya yang mirip sandwich, roti dengan isi daging cincang, telur, sayuran, dan disiram dengan saus mayones, dilengkapi daun selada serta acar mentimun sebagai garnis, membuat orang beranggapan bahwa ini merupakan salah satu jenis makanan impor. Namun, anggapan itu akan terbantahkan apabila menilik dari namanya yang sangat njawani, Songgo Buwono.

songgo buwono
Gambar diambil dari http://www.imgrum.co/tag/snackjawa

Songgo Buwono merupakan makanan khas dari Yogyakarta. Zaman dahulu, Songgo Buwono hanya disajikan di kalangan para bangsawan keraton. Tak mengherankan apabila masih banyak orang yang belum mengenal makanan ini, bahkan orang Yogja sendiri. Seiring dengan berjalannya waktu, songgo buwono mulai diperkenalkan di kalangan masyarakat umum. Pada mulanya, makanan ini dapat ditemui dalam acara resepsi pernikahan orang-orang berada, tapi dewasa ini Songgo Buwono sudah menjadi jajanan tradisonal yang dapat dinikmati dengan harga terjangkau.

Adapun nama Songgo Buwono itu memiliki filosofi tersendiri. Songgo berarti “menyangga”, Buwono bermakna “bumi”. Songgo Buwono diibaratkan sebagai makanan yang menggambarkan dunia, langit, dan seisinya. Hal ini ditampakkan juga dari cara penyajiannya. Daun selada yang diletakkan di dasar sebagai alas dari rotinya, diibaratkan sebagai tanaman penyangga dunia. Dunia dan seisinya dilambangkan dengan roti yang diisi daging cincang dan aneka sayuran yang dimasak sedemikian lupa, serta telur rebus yang diletakkan di atasnya. Sedangkan, langit digambarkan dari saus mayones dan acar mentimun yang disiramkan dan digarnis di atas roti isi tadi.

Selain nama dan penyajiannya yang memiliki makna luar biasa, Songgo Buwono juga memiliki cita rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Perpaduan gurih, manis, dan mengenyangkan yang didapat dari roti isi dengan saus mayones, dipadu segarnya acar mentimun. Cita rasa khas Yogya yang tak kalah dengan burger dari Amerika.

Selamat mencoba! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *