Buku

[Book Review] Belajar Agama Melalui Komik

Islam Sehari-Hari
Gambar diambil dari sini

Judul: Islam Sehari-Hari: Yang Penting, Yang Terabaikan

Penulis: vbi_djenggoten

Penyunting: Firdaus Agung

Penerbit: QultumMedia

Cetakan Pertama: February 2013

Tebal: 116 halaman

Berabad silam, Rasulullah telah menyerukan Islam kepada seluruh umat. Beliau juga mencontohkan bagaimana melaksanakan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebagai makhluk yang tak lepas dari khilaf, ada kalanya umat manusia lalai dan melakukan bermacam kesalahan dalam hal ibadah. Kesalahan yang tak disadari, yang kemudian terus berlanjut menjadi kebiasaan. Pada akhirnya, generasi-generasi berikutnya menganggap kesalahan-kesalahan tersebut sebagai hal yang benar karena sudah terbiasa.

Buku ini berisi sentilan-sentilan terhadap hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, yang sebenarnya tidak sesuai dengan tuntunan Alquran dan hadis. Salah satunya adalah fenomena pemberian gelar haji/hajah kepada orang yang sudah pernah berangkat ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Selama ini, barangkali kita menganggapnya hal yang wajar atau bahkan sebagai sesuatu yang memang sudah seharusnya. Padahal, Rasul saja tidak menuntunkan yang demikian.

Menariknya, sentilan-sentilan tersebut disajikan dalam ilustrasi-ilustrasi yang lucu, sehingga lebih mudah diterima dan berkesan. Buku ini menawarkan metode dakwah atau mengajarkan agama Islam dengan cara yang berbeda. Tak seperti buku-buku agama mainstream yang umumnya berisi kalimat-kalimat menggurui sehingga terasa menjemukan, buku ini disajikan dalam bentuk komik. Dilengkapi pula dengan ayat Alquran dan hadis yang terkait. Membaca buku ini, dijamin bisa bikin ketawa-ketiwi sekaligus tersentil-sentil.

Saya sangat menikmati sekali membaca buku ini dari awal hingga akhir. Buku ini ringan dibaca, akan tetapi isinya sangat berbobot. Sebuah wacana baru untuk belajar agama dengan cara yang menyenangkan. Dengan buku ini, kita diajak untuk membiasakan kebenaran, bukan membenarkan kebiasaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *