Jalan-Jalan

Goa Jepang dan Orang-Orang Kurang Piknik

Sebenarnya, sih, ini agenda jagong manten. Bukan agenda piknik. Jadi waktu itu, kami mendapat undangan pernikahan salah seorang kawan yang lokasinya di Jalan Kaliurang Km 12, Yogyakarta. Selesai kondangan, teman saya tiba-tiba nyeletuk, “Lanjut naik aja, yuk. Refreshing.” Sebagai orang yang kurang piknik, saya mengiyakan saja. Lagipula, saya cuma nebeng ini, haha. 😀 Begitulah, akhirnya piknik insidental itu pun terjadi.

wpid-img-20150518-wa0003

Setelah beberapa menit perjalanan, akhirnya sampailah kami di kawasan Kaliurang, di lereng gunung Merapi. Tepatnya, di kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang, Yogyakarta. Di kompleks ini, juga terdapat sebuah goa peninggalan zaman penjajahan Jepang, yang akrab disebut dengan nama Goa Jepang. Konon, goa ini digunakan oleh para tentara Jepang untuk bersembunyi dari tentara sekutu. Selain di Kaliurang, di Indonesia sendiri juga punya banyak situs goa peninggalan Jepang yang tersebar di beberapa kota. Yang membedakan Goa Jepang yang ada di Kaliurang ini dengan yang ada di kota lain adalah, Goa Jepang di Kaliurang berjumlah 25 unit yang kesemuanya saling terhubung. Selain itu, Goa Jepang di Kaliurang ini juga masih orisinal dan belum diberi penerangan.

Untuk mencapai ke situs Goa Jepang ini, pengunjung harus menempuh perjalanan menaiki anak tangga sejauh kurang lebih 1 km dari kompleks wisata Nirmolo Kaliurang. Oleh karena itulah, kami terpaksa harus gigit jari. Namanya juga insidental dan serba nekat, kami jadi salah kostum. Kostum yang kami pakai saat itu adalah kostum untuk kondangan, pakai dress dan heels. Kostum yang tentu sangat tidak recommended untuk mendaki 1 km jauhnya.

wpid-img_20150518_200030

Setelah menertawakan kekonyolan diri-sendiri, akhirnya kami hanya berfoto-foto di area depan kompleks wisata Nirmolo Kaliurang. Sambil berkejaran dengan monyet-monyet yang masih berkeliaran di habitat aslinya. Walau tak bisa naik sampai ke Goa Jepang-nya, tetapi piknik insidental itu lumayan membuat kami fresh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *