Buku

[Book Review] 100 + 1 Cara Bahagia: 100 Inspirasi, 1 Aksi

3-1001-cara-bahagia
Gambar diambil dari sini

Judul: 100 + 1 Cara Bahagia

Penulis: Ainun Mahya & Triyanto

Penerbit: Trans Idea Publishing

Terbit: Maret 2016

Tebal: 356 halaman

Menjadi bahagia, tentu saja merupakan tujuan hidup setiap orang. Namun, tidak bisa tidak, dalam hidup ini kita pasti akan menemui hal-hal yang membuat kita bersedih hati. Sebab sejatinya hidup itu adalah proses pembelajaran, dan seluruh permasalahan yang datang adalah sarana untuk belajar.

“Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah introspeksi diri dan bersabar. Hasil yang didapat nantinya akan menjadi hikmah pembelajaran penting bagi kehidupan kita selanjutnya. Ingatlah bahwa di balik setiap kesulitan, selalu ada kemudahan. Jadi, jangan berlari dari setiap kesulitan yang kita temui.” – hal. 31

Membaca buku ini, saya seperti menemukan sesuatu yang baru dalam buku berkategori motivasi. Jujur saja, sebenarnya saya kurang suka dengan buku motivasi. Sebab, kebanyakan hanya berisi nasihat-nasihat yang seringnya klise. Alhasil, bukannya jadi semangat dan termotivasi, saya justru menguap dan pada akhirnya buku itu hanya akan menjadi teman tidur saya. Wkwkwk

Namun buku ini, saya suka! Bukan karena covernya yang unyu-unyu sebagaimana selera saya :D, melainkan karena buku ini tidak semata memberikan nasihat-nasihat mainstream yang saking mainstream-nya jadi nggak masuk ke hati. Di buku ini, pembaca juga diajak untuk melakukan aksi menghadapi permasalahannya sendiri. Mulai dari identifikasi masalah, menemukan akar permasalahan dan mencari solusinya, lalu berusaha melaksanakan solusi yang sudah dibuat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ini menarik. Karena menasihati diri sendiri itu jauh lebih susah daripada menasihati orang lain.

“ …. Hal yang paling sulit dilakukan adalah menasihati diri sendiri, menyemangati diri sendiri.” – hal. 348

Saya memang sempat nguap-nguap malas saat membaca 100 motivasinya, sebelum akhirnya semangat ketika diajak praktik menyelesaikan masalah sendiri dengan happy ending. Barangkali buku ini akan lebih ngena lagi kalau porsi antara bagian “motivasi” dan “aksi”-nya seimbang.

Terakhir, izinkan saya mengutip apa yang disampaikan di dalam back covernya. Sesungguhnya segala permasalahan yang datang menghampiri dalam hidup ini adalah hal yang biasa. Yang luar biasa adalah bagaimana kita menyikapi segala permasalahan tersebut sehingga tetap bahagia. Sebab, setiap orang berhak bahagia.

Jadi, jangan lupa bahagia, ya! Di buku ini ada caranya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *