Kuliner

Mencicipi Bakso Kerikil: Puluhan Bakso dalam Satu Mangkuk

p1010814

Bagi warga Magelang dan sekitarnya, barangkali sudah tidak asing dengan menu bakso yang satu ini. Saya sendiri sebenarnya sudah sering mendengar nama bakso kerikil disebut-sebut oleh sepupu ipar (istrinya sepupu) yang kebetulan berasal dari daerah tersebut. Dan, baru kemarin saya sempat mencicipinya, waktu mampir sepulang dari acara trah di Temanggung.

Jadi, pada dasarnya bakso kerikil ini sama seperti bakso pada umumnya. Bedanya, penyajian bakso kerikil ini cukup unik dan nggak mainstream, yaitu baksonya yang dibentuk bulatan kecil-kecil sehingga menyerupai kerikil. Ukuran bakso yang kecil-kecil ini nantinya akan terlihat penuh ketika disajikan di mangkuk. Rasanya, semangkuk cuma berisi bakso semua. Sampai capek saya ngunyahnya. 😀

p1010811
Maaf, fotonya seadanya. Saya keburu laper, wkwk

Satu porsi bakso kerikil berisi kurang lebih 40-an butir bakso, sedikit bakmi, dan sayur sawi. Selain ukuran bakso yang kecil-kecil, kuah bakso ini menurut saya juga cukup istimewa. Tidak seperti bakso pada umumnya, kuah bakso kerikil terbilang lebih keruh. Dan ketika dicicipi, maka akan terasa gurih dan ngaldu sekali. Nggak heran, deh, kenapa sepupu ipar saya semangat sekali merekomendasikan menu bakso ini. Iya, saya ketagihan. Pokoknya harus nyobain lagi bakso ini next time kalau mampir ke Magelang lagi!

Emm, di Jogja sudah ada belum sih? *melipir cari info*

2 thoughts on “Mencicipi Bakso Kerikil: Puluhan Bakso dalam Satu Mangkuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *