Kuliner

Pajeon, Bakwan Korea

Selain kisah percintaan yang romantis habis, salah satu hal dari drama Korea yang cukup menarik perhatian bagi saya adalah kulinernya. Beberapa yang paling umum seperti Bulgogi, Tteokbokki, Kimbab, Odeng, dan Kimchi sudah pernah saya cobain. Sebagaimana yang pernah saya tulis di sini >> Makan Siang ala Drama Korea.

Nah, salah satu yang belum pernah saya cobain dan cukup membuat penasaran adalah Pajeon. Pajeon merupakan street snack atau jajanan tradisional Korea yang banyak digemari. Umumnya, Pajeon ini disajikan sebagai makanan pembuka, tapi cocok juga apabila ingin disantap sebagai camilan.

Pajeon dikenal juga dengan sebutan Korean Pancake. Namun demikian, jangan bayangkan kalau Pajeon rasanya manis sebagaimana pancake pada umumnya. Pajeon dibuat dari campuran adonan pancake, telur, dan daun bawang. Jadi, rasanya gurih. Kalau menurut saya sih, Pajeon ini mirip gorengan di Indonesia. Bedanya, Pajeon tidak dimasak dengan cara digoreng dalam wajan dengan minyak yang banyak, akan tetapi dimasak di atas pan dengan sedikit minyak saja, seperti membuat pancake.

pajeon

Sebenarnya, saya sudah mulai penasaran dengan Pajeon sejak nonton variety show bertajuk “Star Kitchen with UKiss”. Di acara tersebut, Eli dan AJ praktik masak membuat Pajeon. Setelah berkesempatan mencicipinya, sebagaimana dugaan saya, Pajeon memang memiliki cita rasa yang mirip dengan bakwan dari Indonesia. Cuma beda cara masaknya saja. Selain itu, Pajeon juga disajikan dengan saus khusus yang terbuat dari campuran kecap dan cuka. Tapi, baik Pajeon maupun bakwan, sama-sama enaaakkk, kok… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *