Buku · Membaca & Menulis

Ternyata Saya Pernah Sebuku dengan Orang-Orang Hebat

img_20160412_161230

Waktu beres-beres kamar, saya menemukan buku ini. Akhirnya, jadi nostalgia, deh. Buku bersampul kuning dengan ilustrasi gambar pohon ini, merupakan buku antologi bersama yang diterbitkan secara mandiri oleh teman-teman dari Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Proyek antologi bersama ini diadakan rutin tiap tahun, dalam rangka peringatan dies natalies almamater saya tersebut. Namun sepanjang saya jadi warga kampus dan ikut proyek antologi bersama ini terus, baru pada tahun 2008 nama saya berhasil masuk sebagai salah satu kontributor dalam proyek antologi cerpen. Tahun-tahun sebelumnya, saya nggak pernah berhasil lolos di proyek antologi puisi. Sebagai informasi, teman-teman dan kakak kelas saya di kampus itu jagoannya bikin puisi. Jadi, saya mah apa! 😀

Tapi, saya boleh geer ketika di dalam pengantar buku ini, Pak Hamdy Salad menuliskan kalimat berikut:

Meski tidak sepenuhnya mengandung dominasi unsur tematik sebagaimana disarankan oleh panitia, cerpen-cerpen yang terpilih dalam antologi ini sekurang-kurangnya telah memenuhi kriteria penilaian yang didasarkan pada kesuntukannya dalam mencipta karya sastra. Kesuntukan itu dapat dilihat melalui konsistensi dan intensitasnya dalam mengolah serta mengembangkan gaya penulisan secara kreatif dan kritis. Memiliki struktur cerita yang utuh, baik dari segi bahasa, plot, maupun karakter penokohannya.

21

Oh ya, kalau lihat di daftar isinya, hampir sebagian besar kontributor di antologi ini sekarang sudah jadi orang-orang hebat. Ada yang jadi cerpenis keren yang karyanya di mana-mana, ada yang jadi penyair top dan sudah sering main film juga, ada yang jadi editor di salah satu penerbitan ternama, dan banyak lagi. Seneng, sih, bisa sebuku dengan orang-orang hebat ini. Lalu, saya jadi mikir.

Time flies. Mereka sudah bertransformasi menjadi orang-orang hebat. Sementara saya, masih segini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *