Buku

[Book Review] Komik Family: Kisah Keluarga Anderson yang Unik

Family!

Judul: Family!

Komikus: Watanabe Taeko

Penerbit: Elex Media Komputindo

Terbit: 1997

Salah satu shoujo manga—manga yang isinya lebih mengarah ke drama dan kebanyakan pembacanya adalah perempuan—karangan Watanabe Taeko yang cukup disukai banyak orang pada masanya. Dengan mengambil latar belakang negara Florida, USA, komik ini menceritakan tentang keseharian keluarga Anderson dengan beragam konflik dan kejadian penuh suka duka (dan bahkan aneh), yang mereka hadapi bersama sehingga membuat keluarga mereka menjadi semakin solid.

Komik Family! Merupakan salah satu Serial Candy’s favorit saya. Pertama kali baca komik ini waktu SMP, zaman masih jadi pelanggan taman bacaan. Sudah baca semua seri 1-11, dan waktu itu nggak kepikiran apa-apa. Nah, waktu baca ulang sekarang ini, kesan saya jadi… duh, ini keluarga kok parah banget, ya. 😀 Anak sulung yang gay, anak perempuan yang tomboi, dan si bungsu yang sikapnya terlalu dewasa dibanding umurnya yang sebenarnya. Sebaliknya, ibunya malah kekanakan. Hadeh… Sepertinya cuma Jonathan saja yg normal di sini, si anak angkat yg jenius. Hahaha

Tapi anehnya, meskipun parah begitu, keluarga mereka ini sangat harmonis dan hangat banget. Vie, meskipun tomboi dia sangat tulus hatinya. Kay, walaupun gay tapi gentlemen bagi adik-adiknya. Nyonya Anderson, mungkin bukan kekanakan, dia hanya terlalu polos dan lugu. Sementara Tracy, hmm… biasalah anak kecil selalu ingin jadi dewasa.

Komik ini bercerita tentang kehidupan sebuah keluarga yang unik tetapi loveable. Dengan segala liku-liku dan beragam adegan kocak yang bikin ngakak, sebagaimana komik pada umumnya. Pesan yang dapat dari komik ini adalah bahwa seberat apa pun permasalahan kehidupan yang harus dihadapi, bersyukurlah masih ada keluarga yang dapat menjadi tempat untuk saling menguatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *