Suka-Suka

Letter to My Self: “Selamat Ulang Tahun, Mpok!”

WhatsApp Image 2019-05-02 at 9.09.55 AM

To: Me

From: Also Me

Dulu, kamu pernah bertanya, “Apa yang paling menggelisahkan tentang masa depan? Jodoh yang tak kunjung kelihatan? Atau, hati yang selalu salah sasaran?”

Waktu itu, aku tak bisa menjawabnya. Sebab, aku pun merasakan kegelisahan yang sama.

Belakangan, kau tanya lagi kepadaku, “Dari sekian kesempatan, belum ada yang membuat kita berkenan. Apa menurutmu kita enggak sok kecantikan?”

Lagi, aku tak dapat menjawabnya. Namun, kalau boleh aku mengutip analogi dari seorang kawan, saat ini kita ibarat menunggu bus kota. Masing-masing bus yang datang, tentu akan bermacam-macam kondisinya. Kita bisa memilih untuk melanjutkan perjalanan dengan bus yang lebih dulu merapat sehingga sampai tujuan lebih cepat, meskipun kondisi bus mungkin akan membuat kita tidak nyaman dan bahkan salah jurusan. Atau, kita sabar menunggu hingga datang bus dengan kualitas yang kita mau, sesuai dengan jalur yang ingin kita tuju, dan membuat kita nyaman sepanjang perjalanan. Dengan risiko, mungkin kita akan sedikit terlambat sampai ke tujuan.

Mengingat perjalanan yang akan kita tempuh ini sangat panjang, sepanjang sisa kehidupan, maka sebaiknya kita memilih kedaraan yang memang mebuat kita nyaman dan sesuai jalur yang kita inginkan. Tak mengapa terlambat, asal tetap selamat. Sebab seperti katamu dulu, cukup masa lalu saja yang penuh dengan drama-drama kehidupan. Masa depan jangan.

Selamat ulang tahun, Mpok. Terima kasih telah mau banyak belajar dan berbenah. Terima kasih sudah jadi orang yang selow dan santai dalam menghadapi masalah. Terus terang, dibanding beberapa tahun yang lalu, aku lebih suka dirimu yang sekarang ini. Semoga segera terwujud apa yang menjadi doa-doa kita selama ini.

Aamiin.

03 Ramadhan 11440 H / 08 Mei 2019 M

2 thoughts on “Letter to My Self: “Selamat Ulang Tahun, Mpok!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *